Pages

Kamis, 16 April 2009

Kapasitas Channel Transmisi

KAPASITAS CHANEL TRANSMISI

Kapasitas Chanel Transmisi adalah suatu kapasitas atau ukuran suatu data yang dapat dikirimkan melalui media transmisi. Dalam kapasitas pengiriman data dinyatakan dalam bps (byte per second). Misal 1 bps, maka setiap detik besar data yang dikirimkan yaitu 1 byte. Selain itu juga ada Kbps (kilobytes per second), Mbps (Megabytes per second), Gbps (Gygabytes per second), dst.

Chanel transmisi bisa diibaratkan sebagai sebuah pipa yang digunakan untuk mengirimkan data. Besar pipa tersebut biasanya disebut dengan istilah bandwith. Bandwith adalah kemampuan maksimum dari suatu media untuk menyalurkan informasi dalam satuan waktu detik (ps). Bandwith sendiri berbeda dengan kecepatan. Jika dalam kecepatan, maka dalam setiap detik yang dilihat adalah jaraknya. Namun dalam bandwith, dalam setiap detik maka yang dilihat adalah besar kapasitas datanya.

Misal, kecepatan suatu kendaraan misalnya 60 Km/jam. Maka dalam setiap jam, mobil tersebut mencapai jarak 60 Km. di Dalam bandwith tidak begitu. Misal, suatu Personal Computer terhubung dengan modem ke jaringan intenet dengan bandwith 100Mbps. Maka dalam setiap detik, data yang dapat dikirim sebesar 100 Megabytes, tanpa memperdulikan seberapa jauh antara sumber data dengan penerima data. Cara kerja bandwith ini bisa juga diibaratkan seperti kuota pada “Telkom Speedy”.

NarrowBand

Narrowband bisa diibaratkan pita dengan saluran sempit dan kemampuan yang relatif kecil.

Kapasitas transmisi

50 – 300 bps

Biaya Total

Rendah

Biaya rata – rata

Tinggi

Tingkat kesalahan

Tinggi

Definisi narrowband sendiri berbeda – beda pada setiap industri. Contoh teknologi yang tergolong narrowband ini :

- Jalur telepon analog pada 3000 Hz, pada POTS (Plain Old Telephone Service), atau infrastruktur telepon biasa. Untuk memanfaatkan data digital pada teknologi ini ditambahkan perangkat modem, yang berfungsi untuk membawa data dari komputer digital.

- BRI ISDN pada 144 kbps. Dua jalur untuk suara dan data, masing-masing pada 64 kbps. Satu jalur untk sinyal 16 kbps.

Voiceband

Voiceband merupakan sebuah referensi range frekwensi suara manusia yang disalurkan pada jaringan telepon. Range frekwensi suara ini berkisar pada 200Hz – 12Khz. Chanel transmisi ini mempunyai bandwith yang lebih besar jika dibandingkan dengan narrowband chanel. Yaitu mencakup antara 300 – 500 bps. Contoh dari voiceband ini yaitu saluran telepon.

Kapasitas transmisi

300 - 500 bps

Biaya Total

Sedang

Biaya rata – rata

Sedang

Tingkat kesalahan

Sedang

Broadband / Wideband

Chanel ini mempunyai Frekuensi jalur lebar yang mampu memindahkan lebih banyak data dan lebih tinggi dibandingkan dengan frekuensi yang lebih sempit (narrowband / voiceband). Kapasitas chanel ini mencapai 1 juta bps (satu juta bytes per second). Contoh teknologi yang tergolong dalam wideband dan broadband ini adalah :

- Pemancar layanan TV secara broadcast, menggunakan 6 MHz pada setiap saluran.

- Cable TV (CATV), atau TV Kabel dan Televisi pada 700MHz. Pemancaran siaran televisi dan TV Satelit. Juga termasuk untuk komunikasi data dan akses dari internet.

- ATM—sampai 13,22 Gbps. Layanan yang memiliki kemampuan besar untuk melakukan transfer data, video dan suara.

- SONET—sampai 13,22 Gbps, melalui layanan media fiber optic multiplexing berkecepatan tinggi.

- T-3 pada 44,7 Mbps, yang ekuivalen dengan rangkaian 28 T-1, melalui serat optik atau mikro digital.

Kapasitas transmisi

Bisa lebih dari 1 juta bps

Biaya Total

Tinggi

Biaya rata – rata

Rendah

Tingkat kesalahan

Rendah

5 komentar:

Roby Maulana Putra

Sebuah Cerita