Pages

Rabu, 07 Januari 2009

Resume Jurnal Teknologi

ini resume dari jurnal "Technology As Knowledge"

TEKNOLOGI SEBAGAI ILMU PENGETAHUAN :

IMPLIKASI UNTUK PERINTAH

Kata teknologi berasal dari bahasa Yunani yaitu technologia, yang menunjukkan perlakuan sistematis dari sebuah seni (keahlian). Dengan kata lain, teknik/teknologi itu meliputi keahlian yang nyata dari pengetahuan teori dan perbuatan (praktek). Di dalam bahasa Inggris, istilah “teknologi” penggunaannya dibatasi pada abad ke-19 sebagai jalan untuk menunjukkan pada penggunaan penggunaan teknologi untuk membuat dan menggunakan artefak.

Istilah teknologi sangat erat hubungannya dengan penggunaan ilmu pengetahuan sebagai solusi dari masalah yang bersifat teknik.

Beberapa bentuk dari ilmu teknologi :

1. Pengetahuan deskripsi, yaitu ilmu yang menguraikan tentang sesuatu sebagai sesuatu itu sendiri.

2. Pengetahuan preskripsi, memerintahkan apa saja yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

3. Pengetahuan tersembunyi, sangat sulit untuk diekspresikan dan dijelaskan serta hanya akan teralami dengan praktek dan pengalaman pribadi.

Level dari ilmu teknologi

Level terendah dari ilmu teknologi ada pada keahlian. Apabila hanya mengandalkan keahlian saja tanpa mengetahui ilmunya maka tidak akan mencapai hasil yang diinginkan. Sedangkan level tertinggi ada pada penguasaan teori teknologi. Dengan menguasainya maka dapat memperhitungkan segala kemungkinan yang akan terjadi dan biasanya yang menguasai teori akan mudah menguasai keahlian praktek.

Ilmu pengetahuan sebagai disiplin ilmu

Mengatasi kecenderungan diantara berbagai pengajar ilmu teknologi dalam menggambarkan teknologi sebagai disiplin sangat masuk akal.

Teknologi sebagai perintah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Roby Maulana Putra

Sebuah Cerita