Pages

Jumat, 30 September 2011

Perbedaan Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi

PERBEDAAN PENGUKURAN, PENILAIAN DAN EVALUASI

Pengukuran (Measurement) atau ‘muqoyasah

Anas Sudijono:
Pengukuran atau ‘measurement’ (ing) atau ‘muqoyasah’ (arab) adalah kegitan yang dilakukan untuk mengukur sesuatu. Hakekatnya membandingkan sesuatu dengan atau atas dasar ukuran tertentu.

Wina Sanjaya:
Pengukuran berkenaan dengan masalah kuantitatif untuk mendapatkan informasi yang diukur, oleh sebab itu dalam proses pengukuran diperlukan alat Bantu tertentu semisal tes hasil belajar.

Hamzah B. Uno:
Mengukur adalah membandingkan sesuatu dengan ukuran tertentu dan bersifat kuantitatif.

Wandt and Brown:
“Measurement means the act or process of axestaining the extent or quantity of something”
Pengukuran bermakna suatu tindakan atau proses untuk menentukan luas atau kuantitas dari sesuatu. Ia akan memberikan jawab dari pertanyaan “how much

Weitzenhoffer:
An operation performed on the psysial world by an observer
Stevens:
The assignment of numerals to objects or events according to rules’


Penilaian (Assessment)

Sumarna Surapranata:
Proses menyimpulkan dan menafsirkan fakta-fakta dan membuat pertimbangan dasar yang professional untuk mengambil kebujakan pada sekumpulan informasi, yaitu informasi tentang peserta didik.

Anas Sudijino:
Proses pengambilan keputusan terhadap sesuatu dengan mendasarkan diri atau berpegang pada ukuran baik atau buruk, sehat atau sakit, pandai atau bodoh, dst. Sifatnya kualitatif.

Nana Sudjana:
Pengertian bahasa: penilaian adalah proses menentukan nilai suatu objek.
Penilaian adalah proses memberikan atau menentukan nilai kepada objek tertentu berdasarkan suatu kriteria tertentu. Proses pemberian nilai tersebut berlangsung dalam bentuk interpretasi yang diakhiri dengan judgment dan pengambilan keputusan.

Hamzah B. Uno:
Mengambil keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran konsisten, subyektif dan bersifat kualitatif.

Djaali & Pudji Mulyono:
Suatu tindakan atau proses menentukan nilai sesuatu obyek. Penilaian adalah suatu keputusan tentang nilai. Penilaian dapat dilakukan berdasarkan hasil pengukuran atau dapat pula dipengaruhi oleh hasil pengukuran.

Robert J. Gregory:
Penilaian atau assessment adalah proses memberikan atau menentukan nilai kepada obyek tertentu berdasarkan suatu kriteria tertentu. Proses pemberian nilai tersebut adalah interpretasi yang diakhiri dengan judgment. Interpretasi dan judgment merupakan tema penilaian yang mengimplikasikan adanya suatu perbandingan antara kriteria dan kenyataan dalam konteks situasi tertentu

Mehrens and Lehman:
Penilaian adalah suatu proses merencanakan, memperoleh dan menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk membuat alternative-alternatif dan keputusan.

Noami Zigmont, Vallecorsa and Rita Silverman:
Terkait dengan tujuan pembelajaran penilaian adalah suatu proses pengumpulan informasi tentang para siswa dan menginterpretasikan dari sejumlah informasi itu untuk keperluan pengambilan keputusan di bidang pendidikan.

Bonnie Campbell Hill and Cynthia Ruptic:
Penilaian adalah proses untuk memperoleh keterangan dan dokumen tentang perkembangan belajar siswa. Penilaian merupakan bagian dari proses belajar mengajar dan tujuan pembelajaran.
Penilaian dapat membantu guru dalam merencanakan kurikulum dan tujuan pembelajaran siswa. Penilaian juga memerlukan informasi dalam hubungannya dengan PBM. Guru memperolehnya melalui catatan anekdotal, observasi, wawancara dan sejumlah contoh pekerjaan siswa.

Anthony J. Nitko:
Assessment merupakan istilah umum yang didefinisikan sebagai sebuah proses yang ditempuh untuk mendapatkan informasi yang digunakan dalam rangka membuat keputusan-keputusan mengenai para siswa, kurikulum, program-program dan kebijakan pendidikan, metode dan atau instrumen pendidikan lainnya oleh suatu badan, lembaga, orang dan atau institusi resmi yang menyelenggarakan suatu aktifitas tertentu.
 

Evaluasi (At-Taqdir) atau At-Taqdir At-Tarbawi (Evaluasi Pendidikan)

Wandt and Gerald W. Brown:
“Evaluation refer to the act or process to determining the value of something
Suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai dari sesuatu.

Anas Sudijono:
Evaluasi pendidikan adalah suatu tindakan atau kegiatan (yang dilaksanakan dengan maksud untuk) atau suatu proses (yang berlangsung dalam rangka) menentukan nilai dari segala sesuatu dalam dunia penidikan (berhubungan dengannya, atau yang terjadi di lapangan pendidikan).

Martin Tassmer:
Evaluasi merupakan pengambilan data untuk menentukan harga nilai yang diperoleh individu secara baik atau kurang baik.

W. James Popham:
Evaluasi adalah proses pencarian, pengumpulan dan pemberian data (informasi) kepada pengambil keputusan yang diperlukan untuk memberikan pertimbangan apakah program perlu diperbaiki, dihentikan atau diteruskan.

Leonora Layola Oriondo and Eleanor M. Dallo Antonio:
Evalusai adalah proses pengumpulan, menganalisis dan menginterpretasikan informasi yang didapat melalui pengukuran untuk memberikan beberapa makna berdasar pertimbangan nilai

Norman E. Gronlund:
“Evaluation a systematic process of determining the extent to which instructional objectives are achieved by pupil
Evaluasi adalah suatu prosesyang sisitematis untuk mnntukan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan-tujuan pengajaran telah dicapai oleh siswa.

Wrightstone:
“Educational Evaluation is the estimation of the growth and profress of pupils toward objectives or values in the curriculum
Evaluasi pendidikan adalah penaksiran terhadap pertumbuhan dan kemajuan siswa ke arah tujuan-tujuan atau nilai-nilai yang telah ditetapkan di dalam kurikulum.

1 komentar:

Roby Maulana Putra

Sebuah Cerita