Pages

Senin, 14 Desember 2009

Statistik Singkat

Statistika : Suatu disiplin ilmu yang mempelajari metode pengumpulan, peringkasan dan penyajian data, menganalisis (termasuk pendugaan parametrik) dan menarik kesimpulan dari data tersebut.
Parameter : Sembarang nilai yang menjelaskan ciri suatu populasi. Statistik : Sembarang nilai yang menjelaskan ciri suatu sample/contoh
Populasi : Keseluruhan pengamatan yang menjadi perhatian kita dalam penelitian. Sample/contoh : Subset/himpunan bagian dari populasi yang kita ambil/ukur/amati/hitung
SUMBER DATA
1. Data Primer : data yang diperoleh dari sumber asli dan dikumpuilkan secara khusus untuk menjawab pertanyaan penelitian kita.
2. Data Sekunder : data yang berasal dar survei pihak lain.
Contoh Acak / Random Sampling :
Sample/contoh yang dipilih sedemikian rupa sehingga setiap himpunan bagian / seubset dari populasi tersebut mempunyai peluang yang sama untuk terpilih.
UKURAN PEMUSATAN DATA
Mean : Rata-rata = Jumlah nilai semua data dibagi jumlah data.
Median : Nilai tengah = nilai yang tepat berada ditengah-tengah barisan data yang terurut.
Modus : Nilai dari suatu data yang memiliki frekuensi tertinggi atau paling sering muncul. 3 nilai yang membagi data yang menjadi 4 baigan yang sama setelah data tersebut diurutkan.Kuartil (Q1, Q2, Q3) Statistika 5 Serangkai Xmin Q1, Q2, Q3, dan Xmax
UKURAN PENYEBARAN DATA
Jangkauan = Wilayah = Xmax – Xmin
Jangkauan antar kuartil = Hamparan = H = Q3 – Q1
Jangkauan Semi antar kuartil = simpangan kuartil = Qd = ½H = ½(Q3-Q1)
Langkah = L = 1½H = 1½ (Q3-Q1)
Pagar Dalam = Q1 – L Pagar Luar = Q3 + L
Simpangan
rata-rata, Variance/Ragam, dan Standard
Deviasi/Simpangan Baku
tidak bisa dipaparkan dalam tulisan ini karena memerlukan penulisan yang agak rumit.
Dalil Chebyshev :
“Sekurang-kurangnya 1 – 1/k2 bagian data terletak dalam k simpangan baku dari nilai tengahnya.”
METODE STATISTIKA
Metode Statistika: Prosedur-prosedur yang digunakan dalam pengumpulan, penyajian, analisis dan penafsiran data. Pengelompokkan Metode Statistika :
1. Statistika deskriptif : metode-metode yang berkaitan dengan pengumpulan, peringkasan dan penyajian suatu data sehingga memberikan informasi yang berguna dan juga menatanya ke dalam bentuk yang siap untuk dianalisis.
2. Statistika inferensia : Mencakup semua metode yang berhubungan dengan analisis sebagian data kemudian sampai pada peramalan atau penarikan kesimpulan mengenai keseluruhan himpunan data induknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Roby Maulana Putra

Sebuah Cerita